Selasa, 04 Desember 2012

Pulau Tidung kepulauan seribu

Hore… Libur! Tanggal 15-17 November kemarin aku libur, tanggal 15 adalah hari tahun baru hijriyah bertepatan dengan hari kamis sehingga tanggal 16 hari jumatnya hari kecepit nasional yang oleh menteri ketenagakerjaan ditetapkan sebagai cuti bersama. Mumpung libur panjang maka aku menyempatkan untuk liburan di ahir pekan untuk memanjakan diri setelah jenuh dengan rutinitas kesibukan di Jakarta. Dan liburan ahir pekan kemarin kuputuskan untuk ikut temanku Rizal berwisata ke kepulauan seribu. Tepatnya ke pulau tidung.
Jelajah ke pilau tidung diawali dari berkumpul di depan kantor Trakindo Caterpilar tepat jam 05.00 pagi karena acara ini memang acara kariawan trakindo, sedangkan aku adalah 1 diantara 2 orang yang bukan kariawan trakindo yang menyusup menumpang ikut wisata. Hehehehe

Dari Trakindo kami berangkat menuju pelabuhan muara angke Jakarta utara. Rombongan terdiri dari mas Benny ,mbak Devi, mbak puspa, Pak Rama, Hartal, Rizal (temanku sejak SMP) semuanya adalah kariawan trakindo, dalam rombongan ini ada lagi mbak lena (pacar mas Benny) bukan kariawan trakindo termasuk aku. Dari pelabuhan muara angke kami menyebrang ke pulau tidung menggunakan kapal kayu .

Sepanjang perjalanan aku melihat birunya air laut yang sangat jernih, sayang keindahan laut itu dikotori dengan sampah-sampah para penumpang yang dengan sengaja membuangan plastik bungkus snack atau botol air mineral. Seharusnya para pengelola kapal memberikan peraturan tidak boleh membuang sampah ke laut dan menyediakan tempat sampah yang memadai di dalam kapal sehingga laut kita tetap bersih dan indah.

Setelah hampir 3 jam di kapal, ahirnya kami sampai di pulau tidung. Di sana kami sudah ditunggu oleh guide kami dan langsung diantar ke Home Stay. Kira-kira pukul 10 kami sampai di home stay, Fasilitas di home stay kami cukup lengkap. di sana kami disediakan 3 buah kamar double bad ber AC dan dua buah kasur double bad di ruang TV, ada kulkas, 2 kamar mandi, air galon + dispenser, juga jemuran baju . Bukan itu saja, ternyata kami juga mendapat sepeda untuk keliling pulau dan peralatan snorkeling. Paket wisata kami juga mencakup makan 3kali. Dan paket ikan serta cumi-cumi untuk barbeq.

Jam 11 kami langsung makan siang, sambil bercanda serta nonton tv sampai sekitar pukul 2 kami berangkat bersepeda mensurvey lokasi untuk snorkeling. Sampai di lokasi snorkeling ternyata ombak sedang tinggi jadi agenda kami hari itu diganti berkunjung ke jembatan cinta . di jembatan cinta kami berfoto-foto, naik banana boat dan berenang sampai puas. Puas berenang kami menguji nyali loncat dari atas jembatan setinggi 4 meter dan berpindah lokasi ke pantai perawan. Di pantai perawan airnya sangat jernih , kami berenang dan melihat ikan ikan diantara terumbu karang sambil menunggu sunset. Setelah puas berenang kami bermain pasir serta minum kelapa muda sambil menikmati indahnya sunset di pantai perawan. Jam 17.30 kami kembali ke home stay .

Sesampai di homestay kami mandi, makan malam , serta nonton tv sambil menunggu acara barbeq di mulai. Ahirnya jam 9 malam acara barbeq dimulai. Menu barbeq malam itu adalah dua macam ikan laut serta cumi-cumi. Guide kami yang memanggang ikan dan cumi-cumi sambil dibantu sebagian dari kami. Sebagian lagi termasuk aku sibuk bermain kartu sambil bercanda. Setelah ikan dan cumi matang kamipun ramai-ramai memakan nya dengan bumbu sambal kecap. Puas makan, kami melanjutkan istirahat kembali. Sebagian langsung tiidur, sebagian lagi nonton tv sampai tertidur.
Hari ke dua setelah bangun pagi kami bergegas bersepeda menikmati udara sejuk pulau tidung, ternyata di sepanjang jalan banyak juga wisatawan yang melakukan hal yang sama dengan kami. Tujuan kami pagi itu adalah ke jembatan cinta, kami menyempatkan diri berfoto-foto di tepian pantai dan melihat dari jauh pulau-pulau kecil yang indah di sebrang pulau tidung. Puas berfoto-foto kami sarapan sambil menunggu Guide kami mengambil peralatan Snorkling.

Ahirnya guide kami datang. Kamipun langsung berangkat bersepeda ke spot yang telah ditentukan. Dari tepian kami berenang menuju tempat terumbu karang dan ribuan ikan. Subhanallah. Indah sekali. Aku sungguh takjub melihat keindahan ratusan ikan dari berbagai jenis berenang diantara terumbu karang tanpa takut dengan kehadiran kami. Sekitar satu jam kami bersnorkling ria, sampai kami puas dan kedinginan karena saat itu hujan gerimis.

Setelah puas kamipun bergegas pulang ke home stay mandi beres-beres barang dan balik pulang ke Jakarta.