Kamis, 02 November 2017

Perjalanan ke Jogja




Rute Perjalanan Cepu -Jogja

Jumat sekitar jam 6 pagi  aku sudah memacu motor scoopyku menuju terminal lama ngawi. Saking semangatnya aku sampai menunda sarapan, rencananya aku akan sarapan di ngawi. Sesampainya di ngawi aku titipkan motorku di salah satu penitipan motor di terminal lama. Baru berniat mencari sarapan bus jurusan jogja sudah lewat. Ahirnya aku memutuskan naik bus dan nanti beli sarapan dari pedagang asongan di bus.


Ini adalah perjalanan ke-dua ku ke jogja, saat masih mahasiswa aku sudah pernah ke jogja, namun karena agenda kegiatan yang padat di tambah cuaca hujan, dulu hanya sempat main di tugu jogja, malioboro dan outlet dagadu.

Di bus aku sengaja untuk tidak tidur, berusaha menikmati dan memahami rute yang dilewati. Ngawi-Sragen-Solo-Kartosuro-Klaten-Prambanan-Jogja. Dari ngawi sampai ke Janti Jogja, tarif bus ekonomi Mira yang aku naiki 23.000.  di bus ternyata aku gak selera makan karena disebrang bangku ada orang yang mabuk. Yang lucu, sama pak kondektur dia disuruh mikir yang ngeres-ngeres supaya lupa sedang naik bus dan gak muntah. Perutku yang lapar Cuma aku isi dengan separuh arem-arem dan teh kotak.

Tiba di Janti sekitar pukul setengah 11. Mampir di indomaret beli peralatan mandi, buru buru ternyata membuat aku kurang teliti, pengeluaran tambahan terpaksa muncul. Setelah membeli keperluan mandi aku langsung memesan ojek online. Dari janti ke sosrokusuman (salah satu gang di jalan malioboro) tarif ojek online cuma 16.000. Abang ojeknya cukup baik dan memberikan referensi hotel murah di sana.

Abang ojek menurunkanku di Hotel Zamrud kalau tidak cocok dia bersedia mengantar ke hotel lainnya, tarif permalamnya 100rbu maksimal diisi dua orang. Memang menurut referensi di internet masih banyak hotel di daerah sosrokusuman dan sosrowijayan di kisaran 75ribu. Namun karena pertimbangan hotel ini bersih (walaupun agak tua dan kusam), fasilitas kamar mandi dalam, springbad dan jarak yang hanya 600 meter dari hotel grand inna malioboro tempat keluargaku menginap. Aku putuskan untuk menginap di sana.

Kereta istriku baru akan tiba pukul setengah dua siang, ahirnya aku mandi, beli makan dan sholat jumat dulu. Jangan khawatir tentang harga makanan di jogja, nasi rames lauk telur dapat dibeli dengan harga 10ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar