Rabu, 25 November 2015

Jelajah Pulau Bangka 1

Minggu, 17 mei 2015 adalah penerbangan pertamaku ke luar pulau jawa. tepatnya ke pulau bangka. berangkat sore hari dari bandara Soekarno-Hatta menuju bandara Depati Amir pangkal pinang.

Misi dari perjalanan ke pulau Bangka ini adalah dalam rangka tugas kantor, menyelesaikan pembangunan Pilot Plant pengolahan pasir monasit menjadi logam tanah jarang. Pilot Plant ini adalah milik PT-TIMAH yang bekerja sama dengan BATAN.

Aku sendiri kebagian tugas untuk memberikan presentasi kepada para pegawai PT.Timah yang nantinya akan menjadi operator Pilot plant tersebut. tentunya sesuai dengan bidangku. semua seputar peralatan instrument yang ada di plant aku jelaskan.
Hotel Yasmin

Setelah sampai di kota muntok, rombonganku menginap di hotel yasmin di tengah kota muntok. kota muntok tidak terlalu luas. di tengah kota berdampingan masjid jami' Muntok dan klenteng Kung Fuk Min. Masyarakat muntok memang sebagian besar berasal dari etnis melayu dan tionghoa. keduanya hidup rukun berdampingan. kedua tempat ibadah yang di bangun berdampingan inilah buktinya.
Masjid jami' Muntok dan Klenteng Kung Fuk Min


Keesokan harinya kami meninjau lokasi proyek, mengambil beberapa foto untuk tambahan bahan presentasi pelatihan. sore hari setelah pulang dari proyek kami sempatkan mengunjungi pantai tanjung ular di muntok, makan otak-otak sambil menikmati kelapa muda. hampir semua pantai di pulau bangka bagus.
Pantai Tanjung Ular


Kami memberikan pelatihan selama empat hari, dua hari di dalam kelas dan dua hari langsung di area plant.
kebiasaan kami setelah memberikan pelatihan kami mengunjungi pantai-pantai sekitar muntok dan ketika malam hari kami sempatkan untuk minum kopi di kopi tiam di tengah kota. kopinya lebih asam dan keras ke lambung. cara penyajiannya sungguh unik. gula dari kopi tidak diaduk oleh penyajinya, jadi kita sendiri yang akan mengaduknya.

Cuaca dikota muntok panas dan kering khas cuaca pulau. makanan seafood sangat mudah dijumpai, hampir setiap malam kami makan di tempat makan yang menyajikan aneka olahan hasil laut. setelah seminggu berada di muntok, sebagian dari kami balik ke jakarta dan sebagian lagi melanjutkan supervisi untuk installasi peralatan di plant.


Pantai dengan batu-batu besar khas bangka


Ada yang tau ini buah apa?

Bergaya

Pagoda Vihara Puri Agung

Pagoda Vihara Puri Agung

Dokumentasi



Belajar Kungfu


Sebelum menuju bandara kami sempatkan untuk jalan-jalan di pantai tanjung pesona dan Pagoda Vihara Puri Agung di sungai liat Bangka. Aku sangat terkesan dengan vihara ini. lokasinya membelakangi punggung bukit yang hijau dan menghadap ke laut biru yang indah. Setelah membeli oleh-oleh empek-empek dan krupuk ikan khas bangka kami pun terbang kembali ke jakarta

bekerja sambil jalan-jalan adalah hal yang menyenangkan. semoga hal ini akan terulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar