Minggu, 25 November 2012

Gowes Part 2 (Jakarta-Depok)

Sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Gowes, jenguk orang sakit, wisata kuliner plus menikmati keindahan masjid kubah emas Depok. Minggu 25-11-12, Aku bersama pak dicki pergi gowes lagi, kali ini rute yang ditempuh, kebayoran baru-cilandak-depok. Tujuan utama dari gowes kali ini adalah menjenguk istri pak joko yang habis operasi tumor payudara dan kebetulan rumahnya berada di depok.

Jarak yang kami tempuh pulang pergi adalah 53 Km. berangkat jam 7.30 melewati rute ampera kemudian mampir dulu sarapan di cilandak. Menu yang dipilih kali ini adalah Gado-Gado. Puas mengisi perut perjalanan dilanjutkan , sampek di Depok pukul 10.30 .
Jam sebelas perjalanan dilanjutkan, hujan mengguyur jalanan kota depok, tapi kami tetap melanjutkan perjalanan dengan memakai jas hujan. Di tengah perjalanan kami sempatkan lagi untuk wisata kuliner, kali ini menu yang dipilih adalah Tauto (Taucho + Soto). Bagiku makanan tersebut rasanya aneh, asem dan ditambah rasa bawang merah . Makanan itu kurang cocok di lidahku. Tapi karna lapar dan kedinginan, semangkok taucho tetap habis kumakan.
Jam 01.15 siang kami mampir ke masjid kubah emas depok untuk sholat dzuhur dan istirahat.  Nama asli dari masjid kubah emas adalah Masjid Dian Al Mahri berada di Jalan Maruyung raya, Kel. Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok. Masjid megah ini berkapasitas 20 ribu jemaah berdiri kokoh di atas lahan seluas 70 hektare. 
Dari salah satu artikel berikut spesifikasi masjid tersebut:
Bangunan masjid memiliki luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8.000 meter persegi. terdiri dari bangunan utama, mezamin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu. Masjid mampu menampung 15 ribu jemaah shalat dan 20 ribu jemaah taklim. Masjid ini merupakan salah satu di antara masjid-masjid termegah di Asia Tenggara.
Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah. Satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal. Kubah utama bentuknya menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil lainnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.
Relief hiasan di atas tempat imam terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.
Ruang utama masjid memiliki ukuran 45×57 meter, dapat menampung sebanyak 8.000 jamaah. Masjid ini memiliki 6 minaret berbentuk segi enam yang tingginya masing-masing 40 meter. 6 minaret ini dibalut granit abu-abu dari itali dengan ornamen yang melingkar. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.
Kubah masjid ini mengacu kubah yang digunakan masjid-masjid Persia dan India. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari Italia.
Pada langit-langit kubah terdapat lukisan langit yang warnanya dapat berubah sesuai dengan warna langit pada waktu-waktu sholat dengan menggunakan teknologi tata cahaya yang diprogram dengan komputer.
Interior masjid ini menampilkan pilar-pilar kokoh yang tinggi menjulang untuk menciptakan skala ruang yang agung. Ruang masjid didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem, untuk memberi karakter ruang yang tenang dan hangat. Materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia. Di tengah ruang, tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton, yang dikerjakan oleh ahli dari Italia.
Setelah puas menikmati indahnya masjid kubah emas , perjalanan pulang menuju Jakarta 
dilanjutkan. Lagi-lagi kami mampir untuk memanjakan perut, tapi kali ini kami beli sop buah. Setelah menikmati sop buah kami mampir dulu ke mushollah untuk sholat ashar  dan melanjutkan perjalanan, sampai di kos sekitar pukul 4 sore. Perjalanan yang melelahkan sekaligus mengasikkan….. Niat untuk membeli sepeda semakin besar.. hwe3…..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar