Minggu, 18 November 2012

Selamat Tahun Baru Hijriyah

Bagi teman teman yang muslim Saya Ucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah,

Sekilas tentang Tahun Baru Hijriyah
Umat muslim memiliki kalender islam yang dihitung berdasarkan pergerakan bulan terhadap bumi (evolusi bulan) karena kalender islam disebut dengan kalender Qomariah. (dalam bahasa arab Qomariah berarti bulan)

Kalender Qomariah pertamakali disusun pada jaman kekhalifahan Umar Bin Khatab dengan penetapan tahun pertama adalah peristiwa hijrahnya nabi Muhammaad dari mekah ke madinah untuk menyelamatkan diri dari tekanan kaum kafir Qurays, hal ini lah yang mendasari nama lain dari kalender Qomariah adalah kalender Hijriah.

Memaknai Tahun Baru Hijriyah
Dalam memaknai tahun baru hijriyah yang secara makna kata berarti berpindah, maka kita yang hidup pada jaman sekarang ini bisa bisa juga melaksanakan hijrah, baik secara fisik, pikiran, dan amalan atau perbuatan.
Hijrah secara fisik bisa dilakukan dengan berpindah tempat tinggal dengan niat mencari ridho Allah untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini banyak dilakukan oleh para pelajar yang tinggal di kos, asrama, atau pondok untuk belajar dan melesaikan pendidikan SMP, SMA, atau Kuliah di tempat lain. Para pekerja yang meninggalkan kampung halamannya untuk mencari nafkah di kota lain atau bahkan negara lain. Para Transmigran yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk menetap di pulau lain. kesemuanya itu bertujuan dalam kebaikan untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak bagi para pelajar, untuk mendapatkan hidup yang lebih baik untuk para pekerja dan transmigran.
Hijrah secara pikiran bisa dilakukan membuang pikiran-pikiran kotor dari otak kita dan menggantinya dengan pikirang yang positif untuk mencapai apa yang kita cita-citakan.
Sedangkan hijrah secara perbuatan bisa kita lakukan dengan cara meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan mengantinya dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang lebih bermanfaat untuk kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar