Rabu, 11 Mei 2016

TIPS MEMBUAT ITINERARY (RENCANA PERJALANAN)



 

Itinerary merupakan hal yang penting bagi kita yang melakukan perjalanan wisata atau istilah kerennya sekarang treveler. Isi itinerary adalah tempat-tempat yang akan kita kunjungi, jadwal dan alokasi waktu Fungsi itinerary sendiri lebih untuk pedoman selama perjalanan. Berikut tips dari saya bagi yang ingin membuat Itinerary.


1.Cari Referensi

Di jaman digital seperti sekarang ini kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari referensi, kamu bisa dengan mudah mencontek itinerary dari tour/travel agent atau dari blog para backpacker. Kamu tinggal ketik di google maka kamu akan dapatkan segambreng informasi tersebut.

Referensi penting harus kamu ketahui adalah

  • Tempat wisata 
  •  Transportasi
  • Tempat menginap
  • Tempat makan dan tempat ibadah
  • Estimasi biaya (Tiket, hotel/penginapan, harga makanan, harga transportasi)

2. Buat List tempat wisata
Setelah kamu tahu tempat wisata apa aja di kota yang akan kamu kunjungi buatlah list mana saja tempat yang ingin kamu kunjungi. Kamu bisa membuat prioritas sesuai minatmu, apakah wisata alam, wahana permainan, wisata sejarah atau yang lainnya. Sebagai pertimbangan untuk memilih lokasi tempat wisata kamu bisa melihat photo-photo tempat wisata tersebut di google atau di blog para treveler yang pernah ke sana.

3. Sesuaikan dengan minat, waktu dan budget anda
Setelah tahu tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi, kamu harus memilih beberapa dari sekian banyak tempat wisata yang ada di sana, karena dengan waktu perjalananmu yang terbatas tidak mungkin semua tempat wisata yang ada di sana mampu kamu kunjungi. Buat jadwal alokasi waktu, berapa lama kamu ada di satu lokasi wisata, susun kapan kamu akan tiba dan meninggalkan tempat wisata tersebut. Tentukan dimana kamu akan menginap.

Pemilihan tempat wisata juga harus kamu sesuaikan dengan budget yang anda miliki, jika budget terbatas usahakan memilih tempat-tempat wisata yang transportasi dan tiket masuknya murah. Juga cari tempat makan murah disekitar tempat wisata tersebut.

4. Buat prioritas tempat wisata
Setelah kamu menyeleksi dan mendapatkan tempat wisata mana saja yang ingin kamu kunjungi, kamu harus membuat prioritas mana yang wajib kamu kunjungi dan mana tempat wisata yang hanya menjadi pelengkap. Hal ini sebagai jaga-jaga ketika kondisi saat kamu treveling macet, cuaca tidak mendukung, atau kejadian buruk lain yang tidak dikehendaki. Sehingga kamu tetap bisa datang ke tempat utama yang ingin kamu datangi.

5. Buat Rute
Rute sangat penting untuk menyusun waktu dan urutan wisata mana yang akan di datangi, jangan sampai waktumu habis di jalan hanya karena salah memilih rute sehingga kamu harus bolak-balik melewati tempat yang sama karena salah membuat urutan tempat wisata yang bakal kamu kunjungi. Pemilihan rute bisa juga dengan pertimbangan kapan waktu terbaik di tempat wisata yang kamu kunjungi. Misal ketika ingin ke pantai, kamu bisa menaruhnya di pagi atau sore hari agar kamu bisa melihat sunrise atau sunset. Jika naik transportasi umum, pertimbangkan juga ketersediaan transportasi saat menentukan rute, karena ada beberapa daerah yang transportasi umumnya hanya tersedia diwaktu-waktu tertentu.

6. Buat itinerary anda
Setelah hal di atas kamu lakukan, silahkan buat itinerary anda. Usahakan buat sedetail mungkin. Dan anda siap untuk bertraveler secara mandiri

7. Siapkan Opsi
Ketika kondisi di lapangan tidak sesuai dengan Itinerary anda, anda bisa mencoret atau menambahkan tempat wisata dan kegiatan yang anda lakukan.


Selamat berpetualang,
 Ingat!!!! tujuan berpetualang yang paling utama adalah pulang dengan selamat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar