Senin, 10 Desember 2012

An Nashr



Demi Waktu
Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian
Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, serta yang berwasiat(menasehati) kepada kebenaran dan saling berwasiat kepada kesabaran.

Surat Al Ashr merupakan surat makkiyah, yaitu surat yang turun di kota mekah. Ciri dari surat al-makkiyah adalah surat tersebut pendek. Hampir semua orang Islam hafal isi Surat Al-Ashr karena surat ini hanya terdiri dari 3 ayat yang pendek. Tetapi masih sedikit diantara kita yang tau akan keutamaan-keutamaan dari surat Al Ashr, kalau keutamaannya saja kita tidak tau bagai mana kita mau mengamalkannya?

Untuk saya pribadi, pesan yang saya tangkap dari surat Al-Ashr adalah sebagai berikut
Yang pertama Allah SWT mengingatkan kita untuk menghargai waktu.
Maka dalam awal surat ini Allah bersumpah Demi waktu. Surat yang diawali dengan sumpah Allah menegaskan bahwa surat itu mengandung makna yang sangat penting bagi manusia. Waktu yang diberikan Allah kepada kita di dunia ini kita gunakan untuk apa? Apakah mengisinya dengan kebaikan dan amalan-amalan sholeh lainnya?
Atau sebaliknya kita sibuk untuk berbuat dosa dan maksiat di muka bumi ini?
Melalui Surat ini Allah mengingatkan bahwa kelak di hari pembalasan kita akan dimintai pertanggungjawaban atas waktu yang telah kita gunakan.

Yang kedua, manusia berada dalam kerugian
Tidak ada ada manusia yang ingin rugi, berdagang pasti ingin untung berupa laba.
Bekerja pasti ingin untung berupa gaji, belajar pasti ingin untung dengan bertambahnya ilmu dan mendapatkan nilai bagus.
Lantas manusia seperti apa yang disebut Allah rugi dalam surat ini?
Allah menegaskan dalam surat ini semua manusia merugi dan hanya beberapa Saja segolongan manusia yang tidak rugi.

Yang ketiga Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, serta yang berwasiat(menasehati) kepada kebenaran dan saling berwasiat kepada kesabaran. Hanya orang yang beriman dan beramal salihlah yang tidak merugi, orang-orang yang senantiasa saling mengingatkan terhadap kebenaran (amal makruf nahi mungkar). Mengajak teman-temannya beribadah atau melakukan kegiatan positif dan melarang serta memperingati ketika ada saudaranya akan terjerumus dalam tindakan yang sesat. Yang terahir adalah orang yang mengingatkan saudaranya yang terkena musibah atau cobaan agar tetap bersabar.. dorongan dan dukungan dari sesama amatlah penting untuk menguatkan hati seseorang yang sedang ditimpa cobaan.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang Rugi…..

Aamiiiiinnnnnnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar