Jumat, 14 Desember 2012

SOP Cara ngatasi masalah



Sering kali kita merasa dirundung banyak masalah, mulai dari tugas yang menumpuk, target dan deadline waktu yang mepet. Semua itu membuat kita menjadi stress.
Biasanya kalo kita dihadapkan masalah yang banyak seperti itu kita malah sering menghindar dan gak mau menghadapinya. Atau mungkin kita bingung gimana cara menghadapinya karena kita merasa gak mungkin bisa menyelesaikannya. Bahasa gampangnya Menyerah sebelum bertanding.
Ketika dalam situasi terpojok sering kali kita malah menghindar dengan alasan refreshing padahal itu akan membuang waktu kita untuk segera menyelesaikan masalah itu sehingga waktu yang kita miliki menjadi lebih mepet. Atau kita mencoba menyelesaikan persoalan tersebut secara sekaligus tapi bingung memulai dari mana. Kita berpikir dan terus berpikir tanpa tindakan nyata. Ahirnya sampai tertidur dan masalah belum sedikitpun teratasi.
Trus gimana cara ngatasinya?
Yang pertama berhenti sejenak.
Tenangkan diri beberapa saat. Tapi Jangan terlalu lama.
Yang kedua mapping your problem.
Petakan masalahmu. Buat skala prioritas. Bisa dari masalah yang paling urgent, atau dari masalah yang paling sederhana yang bisa segera dilakukan
Yang ketiga doing
Mana yang sanggup kamu kerjakan saat itu kerjakan dulu. Kerjakan semaksimal mungkin.
Yang ke empat take focus
Focus, focus dan focus. Kerjakan masalah demi masalah. Jangan dipikirkan yang lain dulu. Kerjakan yang  paling kamu prioritaskan untuk selesai. Selesai satu masalah baru pindah kemasalah yang lain.
Yang kelima terima hasil.
Dari perjuangan maksimal yang kamu lakukan terima saja hasilnya. Kalo semua beres ya bersyukur. Kalo masih ada yang belum beres, setidaknya ada beberapa yang udah selesai. Dari pada gak ada yang selesai sama sekali karna ditinggal refressing  atau tidur.
Yang ke enam Terima konsekwensi
Kalo kita gagal menyelesaikan semua tugas pasti ada konsekwensi, bisa berupa nilai jelek bagi pelajar, dimarahi bos bagi pekerja dan konsekwensi-konsekwensi lainnya tergantung permasalahan yang dihadapi.
Yang ke tujuh ambil pelajaran
Evaluasi diri anda, kenapa masalah tersebut gagal terselesaikan, apakah karna management waktu kita yang jelek atau karna usaha kita yang kurang.
Yang terahir manjakan diri
Setelah capek berusaha, sekarang saatnya refressing. Atau bagi yang malas keluar bisa tidur sepuasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar